Friday, July 8, 2011

Potala Palace























Jaman gue sekolah di China tepatnya di kota Kunming, gue tuh mupeng banget kalo ngeliat foto orang yang sudah pernah kesini. Cuma jaman dulu gue belom berani ke Tibet abis katanya urusannya ribet dll. Dan pada akhirnya gue kesampean juga menginjakan kaki di Tibet, tepatnya di Potala Palace.

Gue sebenernya ga ngerti juga kenapa gue bisa mupeng kesini. Gue ga ngerti sejarah Potala Palace, gue ga tau isinya apaan aja. Pas sebelum gue masuk, gue juga masi ga tau apa sih kelebihannya selain cuma tempatnya Dalai Lama. Akhirnya katanya adik gue kalo banyak orang datang kesono untuk melihat interiornya. Okeh dehhh.

Akhirnya kita daftar dulu sehari sebelumnya untuk mendapatkan tiket. Pas daftar untuk tiket kita musti menyerahkan paspor kita untuk di data dulu. Harga tiket 100 RMB itu baru dibayarkan besok pas pegambilan tiket. Dan setiap grup yang masuk itu akan dikasi waktu CUMA 1 JAM untuk mengelilingi Potala Palace. Gue langsung protes sama guide gue, hah cuma sejam ?? ga salah, tempat segede itu cuma dijatahin waktu sejam?. Akhirnya dia bilang, nanti coba gue usahain. Jadi pas kita masuk itu, guide kita akan diberikan kertas catatan waktu masuk dan waktu keluar. Jadi bener bener cuma sejam. Nah setelah kita masuk kata si guide, kalian boleh lebih dari sejam karna kartu dia lupa di cap sama penjaganya. Jadi pada saat masuk guide gue sengaja ngajakin mereka ngobrol dan akhirnya lupa deh dicap haha. Asik deh bisa lama lama di dalam, maksudnya biar puas gitu.

Akhirnya setelah naik tangga yang lumayan panjang sampailah kita ke pintu masuk sebenernya. Ternyata pintu yang dibawah sebelum naik tangga itu itungannya belom resmi abis belon dirobek tiketnya tapi udah dicek dulu kita udah punya tiket belom.


View pada saat naik tangga menuju pintu resmi. 
Akhirnya nyampe ke pintu resminya:

 Pemandangan di bagian dalam Potala Palace yang boleh kita foto. Yah nyaris cuma bagian luarnya aja haha.

Ada toilet jaman dulu didalam toiletnya Potala Palace. Cuma contoh kalo yang di Potala, dan pada saat kita ke kota - kota alias desa desanya ternyata macem beginilah toiletnya. Tapi pake batu bukan kayu. 


Tibetan lagi melakukan Kora disekeliling Potala Palace


Ini dibagian luar dari Potala Palace. Kalo masi punya tenaga coba dikeliling bagian luarnya. Lumayan bagus loh pemandangannya.

Dinding dibagian luar dari gedung Potala, banyak tulisan Tibet " Om Mani Padme Hum"

























Ternyata view malam Potala Palace keren juga. Untung pas hari terakhir setelah farewel sama team, kita sempet mampir dulu kesana buat foto foto.

Picture by Pazu Kong.
With Pazu Kong & Oat from Spinn cafe. Thank you for arrange a great trip for us. 
And Karma, our tour guide. 
 With Pazu Kong from Spinn Cafe. 





















Kesan dan pesan gue setelah ke Potala Palace:
1. Ternyata didalamnya banyak Stupa yang isinya tubuh atau bagian dari tubuh dari Dalai Lama yang sudah meninggal. Katanya diawetkan dengan cara Tibetan, jadi tubuhnya / anggota tubuhnya tidak rusak. Katanya ada yang rambutnya masi bisa memanjang.
2. Sempit banget dan brisik karna penuh dengan wisatawan lokal. Jadi kalo mau lama lama merhatiin interiornya kagak mungkin deh.
3. Dijaga ketat, jadi mau diam sebentar buat ngebahas ini itu ato sekedar pengen ngeliat lebih lama aja, udah keburu diusirin sama si penjaga.
4. CCTV dimana mana, dan tidak boleh motret dibagian dalam. Jadi jangan cari perkara deh nyolong nyolong foto.
5. Sebelum masuk ke Potala Palace ada bagian scan, jd macem mau naik pesawat gitu deh. Kata guide kita untuk tidak membawa namanya obat - obatan dan cairan.
6. Kalo beli buku didalam nanti dikasi cap " Souvenir from Potalla Palace".

3 comments:

ruthwijaya said...

itu jt pake sendal jepit apa kagak dingin jempolnya ye? *lho malah komen sendal* :))

ah bagus2 jen, kebayang napasnya aja gw mah... pasti ngos2an abis yak?
lagi...lagiiii....

urukyu said...

jen, bagus banget foto2nya itu beneran pake auto tuh ??? keren banget!!!!

Jenny Jule said...

@tjepi .. yoi itu kan nickname dia Penguin kl di keluarga gw hahaha. Iya cep ngos2an .. gw paling kasian sm org Belanda deh, duh naik tangga empot2an banget .. pas sampe dia bil sama guidenya, kl belanda itu kan dibawah laut cong, jd itu didataran tinggi begitu bener2 menyiksa buat mereka.

@Cin .. yg poto pertama dan 3 trahir itu pake slr , jd gw ga ngerti itu yg nyeting ya, sisanya gw poto sendiri pake auto aja :D.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...