Wednesday, December 26, 2012

Merry Christmas 2012

Merry Christmas 2012
God Bless You All

Sunday, December 23, 2012

Gigiku Udah Dua

Ga nyangka Enzio giginya udah nangkring dengan manisnya pas dia umur 5 bulan. Ga sengaja ketahuan sama adik gue yang iseng ngecek gusinya pas tanggal 17 itu. Sebelum sebelumnya udah dicek juga cuma belom ada. Memang rada cepet tumbuh gigi di umur 5 bulan buat ukuran anak anak biasanya.

Nah sebelumnya, tepatnya umur 4 bulan dia udah mulai doyan gigit gigit. Tadinya gue kira memang kebiasaan bayi aja begitu. Favoritnya tuh kain daripada teether. Jadi ciri khasnya itu adalah masukin jempol ke kain trus yang digigitin jempolnya yang kebalut kain. Kdang kadang kainnya langsung yang digrogotin.

Yang ga tahan itu liurnya. Ngocor ngocor terus deh. Kalo dikasi bib paling cuma bentar udah basah aja. Bibnya juga sibuk digigitin. Trus kalo gue gendong, lengan baju gue deh yang dijadiin sasaran. Jempol masuk ke lengan baju trus gigit deh. Lengan gue basah mulu.

Tuesday, December 18, 2012

Enzio 5 bulan


Loh Enzio botak ??? Haha iya, tiba tiba aja pengen gue botakin. Pas pulak hari ini Enzio umur 5 bulan, ya wis langsung gue minjem piso cukur adik gue. Langsung tak cukur rata deh. Ga sampe plontos banget sih abis gw takut tumbuhnya lama.

Hari ini 17 Desember 2012, Enzio berumur 5 bulan. Cepet banget deh. Udah pinter, bisa nyamber nyamber barang. Tadi pas beli Starbuck nyaris kopi gw disamber. Belom bisa tengkurep sendiri gara gara kegemukan, beratnya udah 10,6 kg aja loh. Gede banget kan. Tapi dia paling ga betah rebahan, maunya duduk dibouncer atau tengkurep. Setiap direbahin di ranjang langsung deh mau tengkurep, biasanya gw dorong pelan aja pantatnya pake satu jari langsung berhasil tengkurep.

Nah kalo tidur udah muter muter deh. Muter searah jarum jam hahaaha.Atau kalo lagi tengkurep suka ngangkat ngangkat pantat, jadinya posisi dia jadi mundur. Bahaya banget kalo ditinggal sendiri diatas ranjang, karna pernah gue tes ternyata dia bisa mundur mundur ampe pinggir ranjang.

Udah susah banget dimandiin nih. Meleng dikit eh tangan penuh sabun udah masuk ke mulut. Hobi banget makanin tangan. Udah gitu kalo disabunin diatas perlak dianya melintir melintir pengen tengkurep mulu. Nah kalo ditengkurepin didalam bak, dia ngincer pinggiran ember buat diisep atau palanya maksa nunduk mau minum air kayaknya hahaha.

Masih ogah di stroller. Haduhhh rempong deh kalo ngajak Enzio jalan jalan, apalagi sekarang lagi di Singapore. Di stroller paling lama cuma 30menit, abis itu jejeritan minta digendong aja. Kalo ga pas lagi ngantuk dia kaga bisa bobo sendiri distroller meskipun udah didorong muter muter mall. Teteup musti digendong. Abis udah ketiduran trus gue tarok di stroller pasti deh ga 15 menit bangun sambil nangis. Gue paling poll gendongin pake baby carrier sekarang cuma 4 jam deh, abis itu rasanya rontok semua tulang gue 😋

Btw foto dibawah gue masukin juga foto Enzio masih rame rambutnya. Waktu umur 4,5 bulan.



Friday, December 14, 2012

Hada Labo Cleansing Oil

Cleansing oil Hada Labo? Yoih Hada Labo ada cleansing oil yang botolnya orange. Jangan salah loh ada yang botolnya biru, itu cleansing water. Dan yang gue tau cleansing water itu kurang jago dalam urusan membersihkan make up tebel atau produk waterproof. Lebih cocok untuk membersihkan make up tipis. Dan pakenya musti pake kapas.

Banyak yang sudah kenal sama Hada Labo terutama toner kesohorannya yang mengandung Super Hyaluronic Acid. Tapi kalo cleansing oilnya mungkin ga banyak yang tau atau nyobain.
Meskipun Hada Labo sekarang udah masuk Indo, tapi cleansing oilnya belom ada. Gue beli di Watson Singapore. Harganya 20an Sgd, lupa tepatnya berapa.

Setelah beberapa kali pemakaian, gue langsung jatuh cinta sama cleansing oil yang satu ini. Teksturnya sedikit lebih kentel dari Biore cleansing oil yang ungu itu. Jago banget ngebersihin make up. Dari mascara waterproof sampai eyeliner. Bablas semua. Dan yang gue suka itu, ga bikin perih di mata. Dan ga bikin blur mata setelah pemakaian.

Gw biasa pakai dua pump untuk seluruh wajah. Kalo untuk membersihkan area mata gue lebih suka dipump ke kapas. Lebih tuntas ngebersihinnya kalo pake kapas. Setelah dibilas dengan air, kulit berasa lembab. Biasanya gue selalu pakai cleanser foam lagi setelah cleansing oil, cuma karna penasaran beneran ngelembabin ga sih nih cleansing oil,karna dia mengandung SHA juga kan, jd gue pernah coba ga gue bersihin pakai cleanser foam lagi. Dan beneran kulit wajah lembab seharian. Dan keesokannya juga ga bikin gatel atau bruntusan.

Kekurangannya cuma satu, yaitu wanginya. Sebenrnya no fragrance, tapi gue bisa mencium sedikit wangi jeruk di cleansing oil ini. Masalah kalo jeruk seger sih enak ya, ini wanginya rada kayak jeruk busuk gitu loh. Entah kenapa deh. Apa hidung gue yang error, gue juga ga jelas. Pokoknya gue kurang suka sama baunya.



Thursday, October 25, 2012

My Enzio

Akhirnya gue udah lahiran. Ga nyangka juga ini blog udah nganggur lama bener. Maklum deh pas hamil bawaan males mulu, eh sekarang udah punya anak ga sempet lagi buat nulis padahal banyak banget yang pengen dishare disini.

Kenalkan anak gw namanya Enzio Cai , lahir tanggal 17 Juli 2012, jam 23.15. Berat 3.8 kg dengan panjang 51 cm. Rada jumbo emang 😜. Sekarang udah 3 bulan ajah, ga berasa deh.


Monday, May 7, 2012

Kue Sarang Semut

Tadinya ga sengaja nemu resep ini pada saat nyari nyari resep. Berhubung kelihatannya gampang dan bahannya gue punya semua, ya udah akhirnya gue cobain aja. Ternyata selain bikinnya mudah,, hasilnya sesuai yang diharapkan.

Jadi waktu gue kecil gitu, nyokap sering banget beliin gue kue ini di pasar tradisional.Gue doyan banget. Waktu kecil gue tinggal di Pekan baru dan orang orang Chinese disana menamakan kue ini "Lau Ho Ke" artinya kue macan. Untuk nama Sarang Semut atau Caramel Cake nya baru gue tau setelah gue menemukan resep ini.

Photobucket Kue Sarang Semut
Penulis : Fatmah Bahalwan
Gue copas dari sini ya NCC - Indonesia

Bahan:
425 gr gula pasir
450 ml air panas
180 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
8 btr telur ayam
150 gr margarin
2 sdt soda kue
200 ml susu kental manis


Cara Membuatnya:
Taruh gula pasir diatas wajan, masak diatas api hingga berwarna coklat gosong, tuangi air panas, biarkan mendidih dan gula larut. Angkat, dinginkan.
Kocok margarin dan susu kental sampai putih, masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok. Matikan mixer.
Masukkan terigu yang telah diayak bersama soda kue dan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
Tuang karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga rata.
Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung.
Panggang dalam oven, suhu 180'C selama kl. 40 menit atau sampai matang.

Catatan:
Adonan caramel cake ini unik. Encer, sama sekali tidak terbayang bahwa adonan encer ini akan menjadi cake yang kenyal, lembut dan bersarang bagus.
Mendapatkan sarang yang banyak sampai bisa buat ‘ngeker’ (ngintip), adalah dari proses pembuatannya. Jangan mengocok mentega dan skm terlalu lama. Krn bila terlalu lembut jadinya cake kurang bersarang. Sebagian orang malah cukup mengaduknya saja. Mengocok juga cukup menggunakan speed rendah saja, atau speed tinggi tapi sebentar banget.
Jangan kaget, bila adonan nampak terpisah antara lemak mentega dengan cairan (menteganya kampul-kampul dipermukaan). Mereka semua akan menyatu saat kena panas oven.
Sebaiknya selalu lapisi Loyang dengan Loyang kotak yg lebih besar dibagian bawah. Ini dilakukan untuk menghindari ada tetesan lemak/minyak adonan yg langsung kedasar oven. Minyak yg menetes kedasar oven akan menimbulkan aroma gosong dan asap banyak. Kejadian ini sering membuat panic (dikira kebakaran).
Kesimpulannya, membuat caramel cake jangan mikir terlalu berat. Just do it saja, ikuti perintah resep.…hehehe, sejadinya adonan, langsung oven deh. Kejutannya adalah ketika mendapatkan cake yg lembut, kenyal, bersarang dan enak bangeeeeetttttt……..

Tips dari gue:
1. Hati hati pada saat membuat karamelnya karna karamel itu gampang sekali gosong. Pertama gula mulai mendidih gue aduk aduk terus sampai semua lumer, lalu dididihkan terus sampai berwarna coklat keemasan. Setelah itu gue tuangkan air. Hati - hati ya pada saat menuangkan airnya karna bisa meledak - ledak dan suaranya lumayan mengagetkan.
2. Gunakan panci dengan pinggiran tinggi pada saat membuat karamel supaya pada saat menuangkan air, cipratannya ga kemana mana alias ngotorin kompor.
3. Gue waktu itu bikin setengah resep diatas dan jadinya sudah satu loyang bulat, kayaknya loyang 20 cm dengan bagian tengah bolong.
4. Pengocokan semua bahan hanya menggunakan hand whisk, tidak pakai mixer listrik sama sekali. Aduk pertama kali margarin ( gue pakai anchor butter ) dengan susu kental manis sampai rata trus masukin telur dan aduk rata. Setelah itu masukan bahan kering dan terakhir air karamelnya. gue hanya mengaduk sampai rata jadi tidak berlebihan.
5. Lalu tuangkan adonan ke loyang dan panggang. Pada saat itu gue berasa manggangnya jauh lebih lama dari yang ditentukan, rasanya sejam lebih baru matang.

Coba lihat lobang lobangnya, mirip sarang semut ga?

Photobucket

Tuesday, March 27, 2012

Revlon Colour Burst Lip Butter




Swatch di tangan :
Kiri hanya dipoleskan satu kali 
Kanan dipoleskan beberapa kali

Bibir atas tanpa lipstik dengan sedikit bedak. 
Bibir yang bawah dengan lipstik beberapa kali poles. 
Ini produk kecantikan yang gue beli pertama kali selama gue hamil tepatnya pas hamil 4 bulanan. Sumpah gue bener bener ga tertarik sama kosmetik maupun skincare selama gue hamil loh. Tapi pas baca baca review dan warna warnanya lumayan menarik, akhirnya gue beli deh. Tadinya naksir beberapa warna tapi akhirnya gue pilih warna yang rada beda deh, abis selama ini koleksi lipstik gue yang memang minim banget itu rata rata warna bibir semua.   Bosen sih, akhirnya gue pilih warna Tutti Frutti 015 untuk lip butter Revlonnya. Pas pertama ngeliat ya kaget juga. Menor wae ya warnanya haha.

Tadinya gue pikir lip butter [buat melembabkan bibir] tapi ada warnanya. Lumayan deh buat nyegerin wajah ya kalo lagi pergi pergi. Apalagi disini masih dingin jadi butuh semacem pelembab bibir. Tapi ternyata setalah pemakaian Revlon lip butter ini bikin bibir makin kering. Penyakit lipstik revlon pada umumnya ternyata muncul juga di lip butternya. Pada saat pemakaian memang terlihat bibirnya moist dan sedikit mengkilap. Tapi setelah itu kering. Lah gmana sih ??

Oyah lip butter ini juga rada kurang bagus diaplikasikan pada bibir kering. Makin jelas kerut kerutan akibat bibir keringnya.




Thursday, March 22, 2012

Naruko Skincare

Buat yang sering mengikuti acara kecantikan Taiwan mungkin sudah tidak asing dengan seorang laki laki yang berumur hampir atau malah sudah kepala 4 tetapi kulitnya sangat bagus. Namanya bekennya dia adalah Niuer. Gue ngefans banget sama dia dan dia mengeluarkan range skin care. Sudah lumayan lama Niuer mengeluarkan produk skin care dan yang paling beken pada saat itu adalah red wine mask. Waktu itu packing dan range nya belom sekeren dan sebanyak sekarang. 

Namapun ngefans ya, pasti kepengen banget nyobain skin carenya. Yang gue suka dari Niuer dia selalu menekankan tentang perawatan dari bahan bahan senatural mungkin dan banyak juga menggunakan minyak aromatherapy. Setelah pilih punya pilih akhirnya gue memutuskan untuk mencoba range Naruko yang Narcissus Total Defense Series nya *abis range yang lain mahal sih lol*.  

Sebenernya gue lihat dari penjelasan katanya yang Narcissus ini bisa untuk mencerahkan kulit wajah, anti aging, anti wrinkle sama cocok buat kulit stress. Ya sudah ini aja kayaknya cocok sama keluhan gw. 

Yang gue coba adalah:
1. Naruko Narcissus Multi Defense Cream 
Yang ini sekarang namanya diganti jadi Narcissus Total Defense Repair Cream. 
Gue coba pakai 2 kali krim yang ini, kok rasaan gue kurang sreg ya. Meskipun bentuknya krim tapi dia ga lengket sama sekali dan gampang nyerep. Setelah pemakaiannya bikin gue kurang sreg, gue juga ga ngerti kenapa. Akhirnya gue oper ke suami gue, kebetulan waktu itu baru masuk winter dan dia butuh pelembab. Habis sih krimnya sama dia dan gue tanya, gimana kesan dan pesannya hahaha. Dia bilang biasa aja, ga worth it dan ga terlalu suka. 

2. Naruko Narcissus Moisturising Night Repair
Bentuknya encer berwarna putih. Lebih encer sedikit daripada lotion. Pada saat gue coba produk ini, ga gue mix dengan perawatan lain karna gue pengen tau cocok apa enggak. Setelah seminggu pemakaian dan gue ngerasa komedo gue makin banyak. Rada aneh sih karna menurut gue produk ini light banget, nyaris seperti menggunakan toner kental. Akhirnya gue berhentiin dan gue coba lagi, tetep begitu lagi. 

3. Rose and Fungus Night Gelly 
Gelly di produk Niuer ini maksudnya sleeping mask. Bentuknya gel tapi bening. Digunakan sebelum tidur setelah rutinitas skincare. Beda banget sama kedua produk diatas yang menurut gue cepet nyerap dikulit. Night gelly nya bener bener greasy dan perasaan ga nyerep nyerep gituloh. Padahal sudah dipoles tipis tipis dan gue langsung menggunakan diatas kulit tanpa menggunakan skincare lainnya. Nah kalopun sudah nyerep, masih berasa dipermukaan kulit ada yang lengket lengket.  

Gue menyimpulkan bahwa gue ga cocok sama sekali dengan produknya Niuer. Yah ga tau apa serinya yang ga cocok apa memang skincarenya yg jelek ya. Pokoknya dari 3 item tersebut gue ga mau lagi beli produknya dia lagi. Padahal sempet lirik seri ampm. 

Yang gue suka dari produk ini adalah wanginya enak banget. Soft banget dan berasa natural banget, mungkin karna memang menggunakan minyak aromatherapy. Trus setiap produk krim dan gelly nya disertai sendok kecil. Packingnya pun rapi dan mantep. Oyah kardus pembungkusnya bisa dibuat menjadi dus dus lucu gitu. 


 Ini hasil prakarya dari dus produk Naruko:

Oyah produk Naruko gue beli di website Naruko yang China. Dan setiap produknya ada kode keasliannya yang bisa kita cek ke asliannya disini http://www.naruko.com.cn/verify/default.aspx

Wednesday, March 14, 2012

Made in Indonesia Restaurant - Shanghai

Nah ini restoran Indonesia kedua yang gue cobain di Shanghai. Lokasinya masi di Pudong jadi termasuk lebih deket dari rumah daripada Bali Bistro yang gue review disini 
Alamat lengkapnya :
131 Room, Shanghai Bay, No 1118 Pudong South RD, Shanghai  
上海市浦 东南路1118号上海湾商业街131室.  
Tel: (86 21) 5888-0728


Untuk restoran ini suasana Indonesianya kentel banget. Dari dekorasi, meja meja kayu dan musik yang diputar juga lagu Indonesia. Kalo kagen sama Teh Botol model kotakan 250ml bisa beli disini deh, harganya 10 RMB satunya.

Untuk waiternya kayaknya rada rada kurang gaul, dalam artian mereka ga ngerti sama menu. Gue waktu mesen teh botol aja lama banget ngertinya, secara itu minuman kebangsaan banget kan. Waktu di Bali Bistro gw pas ngomong teh spesialnya orang Indo aja langsung ngartos waiternya. Trus ngerti nawarin yang khas Indo macam Wedang jahe dkk.

Untuk rasa makanannya gimana ya ? hahaha ... dari keraguan gw yang baca pasti udah ngerti dong :P. Even suami gue yang orang China asli dan pernah ke Indo hanya 2 kali aja pas gue tanyain gimana makanannya, dia bilang kok rada jauh ya rasanya sm aslinya. Kayaknya enakan yang di Jing An deh, maksudnya Bali Bistro. Kalo mau makan disini kayaknya mendingan lo yang masak deh hahaha.

Jadi waktu kemaren kita kesana itu kita mesen Bakso Tenes, Gulai Sapi, Mie Ayam dan Ayam Penyet. Yah paling lumayan sih ayam penyetnya. Karna rasanya sambelnya bener bener pas, terasinya kenceng dan pedes. Ayamnya sendiri sih biasa aja. Gue paling girang pas nemu bakso sama mie ayam. Tapi begitu dateng  terutama mie ayamnya bikin gue kecewa berat. Masak mie ayamnya itu mie ayam modelan Cina sih, loh ini kan resto Indonesia. Kalo baksonya cuma rasa merica doang, modelan baksonya yang kebanyakan tepung ituloh. Trus kuahnya juga ga sedep.Yah kalo ini mah gw bisa bikin sendiri dirumah kan.

Kalo masalah harga gue rada lupa berapa yah satuannya. Seinget gue 4 macem gini kena sekitar 200an RMB sekitar Rp. 300rban.
Bakso Tenes
 Gulai Sapi 
 Ayam Penyet 
 Mie Ayam 
Ini gue nemu video restorannya
Made in Indonesia from mira el amir on Vimeo.

Friday, March 9, 2012

Sleek Peachy Keen Pout Polish





(+)
* Warnanya bagus.
* Wanginya juga enak, wangi wangi jeruk gitu.
* Bisa sebagai lipstik dan blush.
* Hemat banget, satu tetes saja cukup buat bibir dan blush.
* Tahan lama

(-)
* Susah dibaurkan, apalagi untuk mendapatkan hasil warna yang bagus. Keseringan hasilnya jadi pucet kayak orang sakit.
* Lengket banget jadi jangan harap bisa dipakai seperti lipgloss.
* Garis kerutan dibibir jadi jelas banget kalo salah aplikasi.
* Tidak cocok buat bibir kering. Apalagi pada saat bibir sedang mengelupas. Persis muka kering kena powder.

Terus terang biarpun warnanya gue suka banget tapi susah banget untuk diaplikasinya jadi gue cukup punya satu saja.

Kebetulan gue udah cobain di bibir dan di pipi sebagai blush. Silakan dilihat pada postingan FOTD DISINI

Friday, March 2, 2012

Bali Bistro - Shanghai

Buat yang di Shanghai trus kangen sama masakan Indonesia, boleh banget samperin Bali Bistro yang ada di Jing An. Letaknya ga jauh dari Jing An Temple dan lo bisa naik metro turun di Jing An, setelah itu tanya sama orang, ribet soalnya jelasinnya :D. 
Alamatnya :
75 Wanhangdu Lu, 
near Beijing Xi Lu 
万航渡路75号, 
近北京西路

Telp : 6288 5778
Gue waktu pertama kali datang nyobain lontong sayur, sup buntut, rendang, tumis kangkung, tahu kipas. Trus kedua kali kesono nyobain bebek bengil . sate sapi pakai lontong, nasi kuning, nasi goreng ikan asin, ayam penyet, perkedel dan bakwan jagung. Kalo menurut gue yang paling juara itu rendangnya. Top banget rasanya. Yang lain lain bisa dibilang hanya mendekati rasa asli. Paling ga enak menurut gue bebek bengil, sop buntut dan tahu kipasnya. Rasanya terlalu jauh dibanding sama aslinya hahaha.


Untuk dekor dan pelayanan restorannya menurut gue udah cukup bagus. Tapi kayaknya waiternya ga bisa ngomong bahasa Indo. Tapi nama nama makanan di menunya bahasa Indo semua, jadi biar ga ngerti mandarin kita bisa nunjuk nunjuk di menu aja. Oyah buat yang bawa mobil, bisa dapat karcis parkir gratis dengan minimum spend 200 RMB. Lumayan banget karna karcis parkirnya ga ada limit berapa jam. Jadi abis makan bisa ngider ngider dulu sekitar area Jing An. Cuma pas kedua kali kita dateng dan pas sore hari, kita ga dikasi masuk ke area parkir sama satpamnya, heran ga tau kenapa, akhirnya kita panggil orang resto untuk ngomong sama satpam supaya kita bisa parkir disana. Setelah 10 menit nego akhirnya kita dikasi masuk ke parkiran. 


Kebetulan kemaren sempet foto fotoin menunya. Nah sebelum mampir kesana boleh dipelajari dulu nih menunya. Mayan lengkap pilihannya. 
























Restorannya terdiri dari 2 lantai. Nah lantai atasnya itu ada area dimana kita bisa bikin pesta atau acara kantor disana. Oyah yang mau selametan juga bisa mesen tumpeng loh. Ini dia menunya:

Tuesday, February 14, 2012

Wuzhen Guest House

 View dari salah satu jendela didalam kamar:
 Lengkap amenities hotelnya. Gue suka sama sisirnya karna model sisir jadul yang dari kayu.
 Kamar mandinya model masa kini :D 
Wuzhen Guest House juga dikenal namanya Minsu. Detailnya bisa dipelajari disini http://www.wuzhen.com.cn/wuzhen.eng/lodging/guest_house.html

Kalo gue sendiri ngerekomen banget untuk tinggal di Minsu. Namanya boleh guest house cuma harga dan keadaan bener bener jauh lebih bagus dari guest house. Harga kamar kita pada saat itu sekitar 500 RMB. Dan mereka juga punya kamar buat bertiga loh. Lumayan kalo yang datang bertigaan sama temen.

Harga kamar sudah termasuk sarapan cuma kemaren kita males bangun pagi pagi jadi ga ikutan sarapan sama temen yang lain.

Kesan dan pesan tinggal di Minsu:
- Berhubung Wuzhen ini guede banget jadi kalo kita udah capek ngider bisa balik ke kamar istrahat dulu. Secara kalo tinggalnya di luar Wuzhen , pas mau masuk ke Wuzhen lagi kudu bayar tiket lagi.
- Viewnya bagus banget.
- Kamarnya bersih dan berasa kayak dirumah sendiri. Tapi kalo pulang malam malam, naik tangganya pelan pelan soalnya dari kayu semua. Takutnya mengganggu kamar sebelah.
- Kalo lagi wiken atau high season mendingan booking jauh jauh hari kalo ga suka penuh.
- Urusan booking kamar pun gampang banget, bisa booking via www.ctrip.com

Sunday, February 12, 2012

Nasi Tim Ayam























Pertama kali nyobain Nasi Tim Ayam dan berhasillll. Horeee . Enak pulak
Resepnya gue ambil dari sini : http://www.indochinekitchen.com/recipes/steamed-chicken-rice-nasi-tim-ayam/

Friday, February 10, 2012

Wuzhen


Wuzhen menurut Wiki :
Wuzhen (simplified Chinese乌镇traditional Chinese烏鎮pinyinWūzhèn) is a historic scenic town, part of Tongxiang, located in northern Zhejiang Province, People's Republic of China. It lies within the triangle formed by HangzhouSuzhou and Shanghai. Covering an area of 71.19 square kilometres (27.49 sq mi), Wuzhen has a total population is 60,000 of which 12,000 are permanent residents.[2]
Lengkapnya bisa dibaca disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Wuzhen

Kalo menurut gue sendiri, Wuzhen itu adalah satu kota tua yang banyak canal sehingga para penduduknya memanfaatkan sampan / gondola sebagai alat transportasinya. Kalo masih inget postingan gue yang disini tentang Zhu Jia Jiao , nah mirip mirip deh si Wuzhen sama Zhu jia jiao. Tapi memang paling beken memang Wuzhen. Setelah gue ke Wuzhen gue juga setuju memang cakepan Wuzhen kemana mana. Guedeenya ga kira kira dan sangat terawat. Yah masuk aja pakai tiket 120 RMB.


Jalan sepetak di Wuzhen yang kiri kanannya kebanyakan toko toko, restoran / cafe dengan live music pada malam hari, tempat jajan dan ada spa juga loh. Waktu itu hampir nyobain spa nya tapi ternyata pas kita samperin ya sudah penuh katanya.  


Macam macam toko dan tempan jajan di Wuzhen :




 Ini tempat kita makan malam. Ternyata harganya ga terlalu mahal buat ukuran tempat wisata dan rasanya pun enak. Tapi kalo bisa datangnya sebelom jam 6 sore kalo enggak kudu antri dan mereka tidak terima booking.
Ketemu kebun Krisan disana. Seneng banget karna gue pertama kali ngeliat bunga Krisan segitu banyaknya. Didepan kebun krisan ini ada toko yang menjual bunga Krisan yang sudah kering yang bisa diseduh. Sayangnya gw ga sempet masuk karna udah ditungguin temen temen yang lain diresto buat makan siang. 
 Sebelum ketemu kebun Krisan, gue diajakin suami yang dulu sudah pernah kesini, ke museum sepatu. Katanya dia pasti gue tertarik. Dan bener, gue takjub pas didalam. Ingetkan kaki orang Cina jaman dulu yang kecil banget itu [ xiao jiao ]. Nah ini museum sepatu isinya tentang cara pembuatan kaki kecil tersebut hingga berbagai macam koleksi sepatu pada jaman tersebut. Sepatunya ada ratusan macam didalam, sayangnya gue ga bisa motret secara dikintilin sama petugas didalam terus. Gue cuma sempet motret foto yang dibawah soalnya letaknya didepan pintu keluar :D.

Ke Wuzhen ga afdol dong ga naik gondolanya :D. Akhirnya pas kita mau pulang kita naik gondola dari restoran kita makan siang, mampir ke Minsu ngambil tas trus ke pintu keluar. Seru banget dan setiap stasiun cuma di charge 5 RMB. Jadi rute kita itu kena 5 stasiun. Harga pas dan tidak ada urusan tawar menawar kata si abang gondola. 
Wuzhen itu juga terkenal dengan pemandangan malam harinya. Kalo sudah menjelang sore hingga malam, kita bisa lihat banyak sekali orang yang ngangkut ngangkut tripod beserta kamera DSLRnya keliling Wuzhen. Sebentar bentar parkir buat motret. Dan gue hanya punya 1 foto malam yang menurut gue lumayan, tidak terlalu blur karna gue ga bawa tripod. Ini aja nebeng sama dinding di jembatan :P
Gue suka banget sama tempat ini dan pastinya gue bakal balik lagi :D. Kalo lo bingung mau main ke watertown yang mana secara ada beberapa pilihan di sekitaran Shanghai sini, udah pilih Wuzhen aja. 

Yang butuh info lebih lanjut bisa dilihat disini :
http://www.wuzhen.com.cn/wuzhen.eng/about.html
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...