Friday, July 29, 2011

Mount Kailash























Mount Kailash terkenal juga dengan sebutan Holy Mountain di Tibet. Kita kemaren nginap dipenginapan yang dikelola oleh adik supir kita yang terletak di Darchen. Kota Darchen lumayan ramai karna banyak pengunjung yang datang berziarah ke Kailash. Pada saat sampai di penginapan, kok gue berasa seperti sampai di kampung India. Orang India semua booo. Ternyata kata guide kita, gunung Kailash ini memang pengunjung ziarah terbesarnya berasal dari India.

Biasanya mereka akan vegetarian selama disana dan melakukan Kora. Kora di gunung Kailash yaitu berjalan mengelilingi gunung sambil membaca doa, dimana jarak tempuhnya adalah 52km. Wow wow woww. Tidak mudah memang kata guide dan supir kita. Apalagi altitude nya sangat tinggi, sekitar 4500an meter dan cuacanya lumayan dingin. Banyak juga yang terkena AMS selama disana hingga ada yang meninggal. Biasanya yang sampai meninggal itu karna sudah uzur sih kata guide gw.

Kemaren kita tidak nyobain Koranya, pdhal sblmnya ada didalam intinerary kita. Tapi sebelum berangkat gue minta diubah, dimana semua yang ada "trekking" dihilangkan. Yah tertulis di intinerary itu adalah trekking. Pada saat sampai gue baru ngeh oh trekkingnya itu adalah Kora. Okeh dehh. Biasanya Kora di gunung Kailash itu memakan waktu 1 hari untuk orang sehat atau orang yang sudah biasa ( baca: Tibetan yang masih sehat ). Sedangkan orang seperti kita gini memakan waktu 3 hari. Jadi nanti ada porter yang kita bayar untuk membawa backpack kita, jadi kita hanya konsen untuk berjalan dan membaca doa. Apabila sudah malam kita akan nginap diperjalanan, kalo ga salah model tenda begitu. Dan kata guide kita, apabila kita sering berbuat baik maka perjalanan Kora-nya akan terasa gampang. Nah kalo orang jahat itu rasanya seperti naik 1 langkah trus turun 2 langkah, kayak ga nyampe nyampe. Maigatt.

 Untuk batu yang agak kuning disebelah kiri itu adalah tempat sky burial . Ditanyain sama guide gue mau naik ga buat ngeliat, setelah dilihat medannya lumayan susah dan takut nightmare juga abis ngeliat potongan potongan manusia jadi akhirnya kita urungkan niat deh. Sebenernya penasaran sih.
 Berhubung kita tidak melakukan Kora jadi kita hanya sampai di posisi ini. Posisi yang masi bisa keliatan ujung daripada gunung Kailash. Untung puncaknya sempet keluar.
 Kita ngelakukin Kora juga disini. Kora kecil sih :D.




















Kora naik kuda.

Kota Darchen






















Pada saat gue selesai Kora kecil, terus gue diajak ngobrol ngobrol sama orang yang gue kirain pengunjung. Ga taunya mereka dari CCTV yang lagi membuat liputan tentang Holy Mountain, jadi kita diinterview deh buat acara tersebut.




















Foto bareng crew CCTV



















Pengennya sih kalo dikasih kesempatan ke mount Kailash lagi, pengen nyobain Kora 3 harinya. Tapi kudu siapin stamina dan mental :D.

Oh ya di Darchen anjingnya serem serem. Udah banyak banget, gede gede, suka gong - gongin orang sembarangan dan suka gigit juga. Kita sudah dipesenin sama guide dan supir kita untuk hati hati. Dan memang sebelumnya kita sudah baca di Loneny Planet kalo di Tibet musti hati hati sama anjingnya. Dan pas menjelang malam kita terpisah dari guide dan kita sedikit nyasar pulak untuk balik ke penginapan. Pas diperjalanan kita digong gong sama anjing, sumpah mampus jantung gw hampir copot. Buru buru ambil batu *diajarin sm guide gw kl digong gong atau mau diserang buru buru ambil batu, biasanya mereka akan takut*. Untungnya ga diserang.
Ternyata besokannya ketemu supir lain yang lagi sibuk mau nganterin anggota dia ke rumah sakit untuk disuntik gara gara digigit anjing.

5 comments:

ruthwijaya said...

gw tau lo gak mau kora, pasti jiper karena jahara ya boook...hahahaha gw juga ogah kora ah ntar di sana :))

J said...

samaaa..g juga ga puas nih disini karna ga nyobain koranya dan kita ga dapet foto2 sperti di postcard...halaahh!!!

kalo org laen 3hr, kita mgkn 5hr kali yah?scr ga sanggup kalo mau nyewa kuda.500yuan yah kalo ga salah?hahaa

mengutip kata2 lu :
"Pengennya sih kalo dikasih kesempatan ke mount Kailash lagi, pengen nyobain Kora 3 harinya. Tapi kudu siapin stamina dan mental :D."

selaen KESEMPATAN,,,, yg terpenting juga NIAT nya hahahahhaahaaa

Jenny Jule said...

@tjepi .. kedip kedippp tralalalaa :P

@Jtoyyy .... haha emberr mgkn seminggu kl gw kora dsn, scr manula booo

pinkbuble said...

Tibet skrg da tutup buat foreigner ya jen?

Jenny Jule said...

@Elrica sekarang rasanya masi tutup El .. soalnya liberation day nya, dan buka lagi nya kapan kayaknya belon ada kabarnya. Feeling gw agust buka lagi soalnya liberation day nya berjalan lancar.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...