Monday, January 27, 2014

Grilled Saba Fish

Resepnya sangat mudah tetapi enak banget. Beda sama yang gue makan di resto atau food court. Menurut gue mereka punya kebanyakan di goreng bukan dibakar untuk menghemat waktu jadinya ikan kurang juicy.


Bahan:

Fillet Ikan Saba, beli disupermarket Korea. Jadi bentuknya udah di fillet cakep.

Garam

Olive oil, kalo ga punya bisa digantikan dengan minyak masak biasa

Jeruk lemon hijau yang biasa banyak dipakai oleh masakan Thailand

 

Cara:

Lumuri ikan Saba dengan garam dan air perasan jeruk secukupnya. Diamkan kurang lebih 15 menit. Boleh lebih.

Sebelum dimasukan kedalam oven, lumuri ikan dengan olive oil.

Oven dengan temperatur 200 celcius selama 5 menit. Lalu turunkan ke 180 celcius selama 10 menit.

 

Note:

Gue menggunakan oven ukuran sedang dengan api atas bawah. Kipas didalam oven dinyalakan.

Untuk suhu oven disesuaikan saja berdasarkan jenis oven karna suka beda beda ya.

Cara mengetahuiapakah ikan sudah matang : coba patahkan daging bagian dalam, cari bagian yang paling tebal. Jadi bukan bagian kulit biar ikan nanti pas disajikan masih kelihatan cantik. Apabila dengan mudah dipatahkan dan kelihatan daging sudah berubah menjadi putih semua. Itu tandanya ikan sudah matang.


 

Thursday, January 9, 2014

Gigi oh Gigi

Kesian banget nih anak kita lagi numbuh gigi. Emang biasanya sih selalu ada dilema masa masa mau numbuh giginya. Gue udah hapal banget deh. Paling sering sakit dulu baru deh tau tau nonggol tuh gigi baru. Kadang cuman demam biasa kadang ampe tinggi banget demamnya. Malah jarang cranky ga jelas kayak sekarang.

 

Enzio mulai numbuh gigi umur 5 bulan dan trakhir numbuh bulan Mei 2013. Lumayan lama nih sampe bulan Jan 2014 baru numbuh lagi. Nah sebulan sebelomnya gue udah megangin gusi gusinya udah mulai gendut gendut ada jejak gigi yang pada mau keluar. Gue udah siapin mental nih bakal demam lagi nih anak. Tapi ternyata enggak. Tapi kok yah ga kunjung ada tanda tanda ujung gigi yang keluar ampe kemaren tanggal 28 Dec pas dia lagi nangis. Loh kok ada gusi bawah ada putih putih. Gue mikir makan apa ya dia ampe nempel gitu digusi, trus gue pegang aja buat mastiin, dan ternyata ada gigi tumbuh. Posisinya longkap satu gigi dari deretan bawah yang udah ada 4 biji.

 

Nah beberapa hari ini sekitar tanggal 5 Jan gue iseng ngecekin gusinya dan ternyata udah pada numbuh lagi. Borongan bokkkk kali ini. Ada 5 gigi yang udah pada tembus dari gusinya, atas ada 3 bawah ada 2 jadi total ada 6 gigi sama yg kemaren.Memang sih kali ini dia ga demam tapi cranky banget terutama pas mau tidur dan pas lagi tidur. Mungkin karna borongannya ini yang bikin dia ga enak banget. Susah banget dia mau tidur. Dan penolong gue ya si Woodwards gripe water. Nolong banget sih dan untung gue sempet nyetok beli online disini 2 botol yang keluaran Hongkong, abisnya rata rata yang disini keluaran Inggris dan harganya 3x lipat lebih dari yang biasa gue beli. Dan udah abis sebotol aja nih. Biasa gue kasi kalo lagi dia ngerasa ga enak banget. Mau tidur bulak balik ga tidur. Uring uringan macem orang putus cinte haha. Gue campurin ke susu atau encerin di air karna kalo langsung dikasi begitu aja dia ga mau. Ga lama langsung deh pules. Mujarab banget nget.

 

Paling kasian kemaren malem pas mau tidur, udah merem nih tapi dia ehek ehek ehek mulu. Mau mewek tapi engga. Gue kirain ya ehek ehek ga enak biasa lah. Toh udah merem ini, paling bentar lagi juga pules. Tau taunya pas gue liat ehek ehek terus sambil netes netes tuh air mata. Ya ampun kesiannya Enzio. Akhirnya gue bilang mama kasi gripe water ya, tungguin bentar. Gue langsung kasih dosis 5ml sambil gue hibur. Gue bilang kan mau numbuh gigi yang banyak jadi nanti mamamnya pinter, ga nyangkut lagi kalo makan daging. Nanti mama ajakin mamam yang enak enak deh. Dan ga lama kemudian gue denger dia udah ngorok aja.

 

Buat info aja untuk Woodwards gripe waternya kalo di Jakarta gue beli di supermarket Rejeki. Kalo di Pekan baru lebih gampang lagi, banyak dijual di toko toko obat orang Cina atau mini market orang Cina. Atau kalo pas lagi ke Singapore bisa beli di Watson atau Guardian.

Wednesday, January 1, 2014

Happy New Year 2014

 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...