Wednesday, July 13, 2011

A.L.I

Ada yang menyebutnya Ali, ada juga yang menyebutnya Ngari. Sebenernya sama aja kok. Lokasi ini termasuk western Tibet, dimana jaraknya sekitar 1600km dari Lhasa, ibukota Tibet. Berhubung jaraknya sangat jauh maka jarang banget didatangi turis. Ini sih menurut pak supir kita. Dia bilang dari tahun 2000an sampai dengan 2011, belum sampai 10 grup yang pernah dia setirin kesini. Trus kalo musim dingin tempat ini ditutup, karna sering ada badai salju dan duigin banget.

Sekitar beberapa tahun yang lalu, sebelum jalan menuju Ali ini selesai dibuat, katanya untuk menuju Ali butuh waktu 3 hari 3 malam. Aje gileee. Sekarang selain ada jalan darat yang sudah lebih baik, ada juga penerbangan menuju Ali. Sayangnya tiket pesawatnya sangat mahal. Kalo kita kemaren karna nyetirnya singgah terus jadi ga begitu berasa deh. Tapi yang gue heran juga, kalo di Tibet selama perjalanan di mobil, bener bener ga berasa deh. Kita selalu berangkat pagi pagi, eh tau tau udah makan siang lagi, eh bentaran lagi udah kudu nyari tempat peristrahatan. Mungkin karna pemandangannya yang bagus banget yah. Gue kalo ga kecapekan banget nih, gue ga bakal merem buat tiduran di mobil. Sayang banget banyak view bagus terlewatkan. Dan kalo bagus banget biasanya kita langsung bilang : "Mucuk [nama sang supir], berhenti dong". Mucuk pasti langsung oke.


















Yang jelas pada saat pertama sampai ke Ali, kita mulai ngelihat gunung gunung pasir. Gue pikir mungkin kita hanya ngelewatin area kayak begini. Lucu juga, foto foto bentar deh. Sumpah gue belom sempet google Ali ini kayak apa sih. Tau tau pas sudah sampai, wahhh kaget. Ternyata pemandangannya luar biasa.



















Di Ali kita ngunjungi 2 tempat wisatanya. Yang satu namanya Tolding. Guide kita selalu menekankan bahwa namanya TOLDING with D bukan Toling seperti kebanyakan orang sebut. Trus tempat wisata kedua namanya Guge  Kingdom.  

Tolding Monastery ini sebagian besarnya sudah dirusak. Jelas yang rusak bukan orang Tibet sendiri. Banyak rahasia dibalik dirusaknya Tolding monastery. Kalo mau tau datang sendiri aja kesana dan tanya sama biksunya haha. Pas kita datang itu semua ruangannya di kunci, akhirnya guide kita nyari biksunya dan minta dibukain. Biksunya mau dan kita bisa liatin semua ruangan yang ada bekas tembakan peluru dari kecil sampai gede gede. Trus patung patung Budha yang sudah ga lengkap badannya. Dan sebagian orang orang Tibet yang lagi berkunjung dari luar kota jadi kecipratan bisa ikutan ngeliat ke ruangan ruangan yang dikunci tersebut.

Foto di Tolding Monastery, seperti biasa cuma bisa motret bagian luarnya aja.

Setelah dari Tolding kita menuju Guge Kingdom. Kesan pertama biasa aja, cuma pas udah dimasukin dan dijalanin berasa kayak masuk kedalam kerajaan jaman dulu. Ada ruangan buat tentara ngumpet, ada tempat buat melempar batu kalo ada musuh datang. Ruangannya bisa saling tembus. Dan hebatnya lagi Guge Kingdom ini dibuat "handmade".
 Foto bareng guide.



Ruangan istrahat para tentara. Ga enak deh dudukannya.


 Lorong lorongnya bisa saling tembus. Kayaknya enak main petak umpet :D Turunannya curam banget, tadinya udah ga mau turun cuma guide kita bilang harus turun. Akhirnya dia bilang ya sudah satu satu digandengin deh. Gue duluan, setelah nyampe dibawah trus yang lain nanya, gimana Jen, musti turun kaga. Akhirnya gue bilang ya udah deh turun aja. Ternyata selain lorong lorong petak umpetnya, viewnya juga cakep banget.
 Gue lagi ngumpet dari angin. Gile deh anginnya kadang kadang kenceng banget plus pake pasir pulak. Untung pada bawa syal. Jadi tutup aja deh palanya pake syal sembari jalan.


Guide kita lincah banget deh. Kita baru dimana dia udah diujung mana. Jadinya kita sibuk fotoin dia abis spotnya oke oke cuma susah dijangkau.

2 comments:

ruthwijaya said...

cakep2 banget daaah pemandangannya, suatu hari gue mesti ke mari. amin.
gw paling suka foto kalian bertiga yg di dlm gua trus latar belakangnya gunung pasir itu...guanya kayak ada jendelanya... keren banget pasti...

Jenny Jule said...

Amin Cep... ntar gw ikut lagi deh :D. Iya itu tempat2 motret bagus2nya gara si guide dah, ampe ngepot2 kita ngikutinnya haha.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...