Saturday, November 12, 2011

Popcorn Tradisional

Kalau cuaca sudah mulai dingin kebiasa ngemil orang orang di China mulai juga. Dan penjual popcorn ala tradisional yang mau gue bahas kali inipun akan muncul juga. Semua alat yang digunakan bener bener tradisional.

Pada suatu hari gue denger ada suara macem ledakan ledakan petasan bambu pada hari Raya Lebaran dibawah apartemen gue. Ternyata ada si tukang popcorn. Trus soreannya gue iseng iseng nyamperin buat ikutan beli. Ternyata dia laku banget. Dan tidak hanya popcorn dari jagung yang dia jual. Ada rice cake dan beras juga.

Ini peralatannya:

Ini pilihan jenis yang mau di pop. Yang macem krupuk itu adalah rice cake. Kalau beras sebagian besar pada bawa sendiri.

Pertama tama bahan dimasukan kedalam alatnya. Kebetulan yang gue foto ini adalah pesanan dari beras. Kalu mau manis mereka akan menambahkan pemanis.


Lalu ditutup serapat mungkin.



Dipanaskan diatas api sembari diputar putar diatas 5 menit. Coba lihat tangan si bapak yang jual, tangan sebelah kanan itu adalah bagian kipas, tinggal diputar putar akan keluar angin. Untuk tangan sebelah kiri adalah popcornnya dan ada alat pengukur tekanan.



Setelah selesai, bapak itu akan memperingatkan kita karna pada saat dibuka alatnya akan keluar bunyi ledakan yang cukup mengejutkan. Pada saat mau dibuka, alat tersebut akan dimasukan ke dalan alat yang berwarna  hitam , modelnya seperti jaring jaring *lihat foto diatas*. Jadi pada saat dibuka popcornnya akan menyembur makanya harus dibuka didalam jaring. Seru banget sih, pada saat meledak yang keluar popcorn disertai asap hahaha.

Setelah itu si bapak akan memberikan kantong plastik dan menyuruh kita menampung popcorn tersebut diujung jaring. Popcorn siap dikonsumsi.

Kita cukup mengeluarkan uang sebesar 10 RMB sekitar Rp. 14rb untuk sekantong besar popcorn. Yah jeleknya mereka menggunakan pemanis buatan jadi pada saat gue beli gue bilang gue ga mau pakai pemanis.  Mau yang rasa original saja. Dan ini dia gue punya, sekantong gedai makkk , gw ampe bingung. Bisa buat perang perangan popcorn.

Setelah gue pantau pantau dari atas karna si bapak ini laku banget. eh ga taunya dia bisa bikin beginian juga dari beras yang di pop. Apa ya ini namanya ? Kalo nama mandarinnya 冻米糖 Dong Mi Tang *baru tau abis google pun*

3 comments:

I fait accompli you! said...

Jul, seru amat sih bikin popcorn pake perangkat begitu

Ephong said...

yang foto terakhir di jawa namanya brondong jen.. :p
trus apa bedanya sama kita popcorn sndr pake panci yak?

Jenny Jule said...

@ I fait ini sapa nih,, iya seru nekk :D

@ephong hah brondong hahha doyan gue :P oh brondong ya,,, lucu namanya. Bedanya sm popcorn yg kita pop alias yg kayak di bioskop itu yang ini dipop nya pake tekanan gitu. Jadi popcorn yang jadi ga mekar keriting2 gt, tapi menggendut. Menurut gue rada lebih berat dari popcorn biasa.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...