Tuesday, December 14, 2010

Sangalaki

Sejak gw ke pulau ini, gw jadi tahu banyak tentang penyu dan care dengan mereka. Memang seblum nya yang gw tau cm penyu merupakan salah satu binatang yang sudah hampir punah dan dilindungi. Tidak lebih dari itu. Pada saat di pulau Sangalaki, orang orang dari pihak Penelitian Penyu memberikan banyak info tentang mereka. Dan juga disana ada foto2 penyu yang diburu dan yang tewas karna bom air pada saat nelayan mencarikan dengan bom air. Sangat menggenaskan.

Ini dia yang namanya Pulau Sangalaki yang terletak di Kalimantan Timur.

Yup bagus banget ya, pasirnya putih dan airnya jernih. Sayangnya kl berenang disana banyak pari kecil2 yang berbisa. Jd kl mau berenang kudu ke tempat yang agak dalem. Pada saat kami sampe, ternyata airnya lagi surut, jadi kita musti jalan deh di air untuk mencapai si pulau, pake sendal jepit trus airnya sambil ditendang2in biar si pari yang ngumpet didalam pasir kabur. Dan ternyata memang banyak banget. Kl mereka ngumpet dalam pasir sama sekali ga keliatan sama kita. Cm kl pas di tendang airnya, dia akan kabur, cepet banget dan warnanya nyaris hampir sama dengan pasir dengan sedikit aksen wrn turqoise. Cakep sih, cm ktnya kl keinjek bisa masuk ICU hahaha, lebayyy , tp ktnya kudu dibawa ke puskesmas terdekat sih krn ada racunnya.

Kembali ke penyu :D
Ternyata setelah 20 thn Penyu itu akan kembali ketempat yang sama dimana si penyu dilahirkan untuk bertelur. Hebat sekali ya bo dia kaga nyasar dibawah sana. Dan 1000 telur yang di tetaskan, tidak lebih dari 2 ekor tukik [ anak penyu ] yang akan hidup sampe dengan dewasa. Pemangsa mereka tidak hanya dari manusia. Biawak, ular , elang dan yang didalam laut sana juga. Semua info ini gw tau juga dari tempat penelitian penyu di Sangalaki *buka kartu deh*




Setelah kita sampe dsn, kita disambut sama mas Mupit, yang lagi pkl dsn, kebetulan lagi tugas jaga di depan. Akhrnya kita ngobrol2 sebentar dan kita makan siang deh. Bawa bekel bo kesono, krn disana pulau ini cm di huni oleh para peneliti, ga ada warung nya coi. Setelah makan siang, kita ngobrol2 lagi , dan ternyata kita sampe kepagian, akhrnya kita cabut lagi buat snorkling deket2 sono dan ngarep2 ketemu sama Manta ray. Ternyata ga nasib, kaga ketemu, ktnya sih kudu pagi2 jd si manta lagi nyari makan deh ke permukaan. Padahal semaleman udah ngumpulin nyali buat say Hi dengan Manta ray yg selebar 3 meter. 

Trus setelah jam 4 sore kita diajak sm para peneliti buat hunting sarang2 penyu. Dimana di pulau Sangalaki ini, hampir setiap malam ada penyu yg naik untuk bertelor. Cm ada yang posisi telor nya aman alias tidak terkena air pasang, cm ada yang tidak aman, yang bisa terkena air pasang. Jadi tugas para peneliti adalah memindahkan sarang2 tidak aman ini ke satu tempat yang namanya "Hatchery". 




Jadi setiap telor yang di gali dr sarang penyu itu ditanam di hatchery dan di beri tanda. 

Ternyata para peneliti juga, mencari sarang2 mana aja yang baru netas kemaren, jd setiap sarang yang menetas itu, mereka gali lagi. Mereka hitung kembali berapa telor yang menetas, berapa telor yang tidak menetas alias busuk, yaitu dengan menghitung sisa2 cangkang telur. Trus dicatet deh. Nah pada saat penggalian kadang2 masih ada sisa satu dua ekor tukik yang gagal keluar. Jd sembari dibantuin keluar deh si tukik ini. 




Ini ada sarang yang di hatchery yang baru menetas. Mereka dibiarkan keluar sendiri dr sarangnya. 


Trus pada saat malam hari nya kita hunting penyu yang naik ke daratan buat bertelur. Ternyata seru banget. Dan ketemu 2 ekor. Mas mas di penelitian sangat baik, mereka memberikan kesempatan buat foto bareng si penyu yang mau turun ke laut. Ternyata gedai banget si penyu dan dia ngos ngosan bo *haha kayak gw*


Yang ga nyangka lagi, kita dikasi kesempatan ngelepasin tukik. Ditemenin sm Mas Amir. 


Trima kasih yah buat Tim Peneliti Penyu di Pulau Sangalaki yang udah nemenin, bagi2 info ke kita. 
Buat yang mau info lebih lengkap bisa di baca dsini http://www.turtle-foundation.org/

2 comments:

J said...

aduuuuh nyesel buka blog lu...jadi kangen berats sama Derawan dan sekitarnya :(
kapan kita reuni kesana lagi bawa misua masing2????? #khayalanmalam

Jenny Jule said...

yah gw aja dsn kl bengong suka liatin pic nya ,, lgsg kangen beratttss J .. macem ada nyong2nya tuh pulau ye

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...