Tuesday, August 2, 2011

Edamame

Warnanya ijo, bagian kulit luar sedikit berbulu, sering dihidangkan sebagai makanan pembuka di restoran Jepang, dan yang suka juga banyak. Apakah itu? Bener namanya Edamame. Kalo di Shanghai orang orang menyebutnya "Mao Dou 毛豆". Banyak di pasar sekitar akhir musim semi dan musim panas.
Kenapa gue mau bahas Edamame? Karna gue doyan banget tapi bosen kan kalo dimakan cuma direbus pake garam aja seperti kebanyakan yang kita temui. Ternyata Edamame ini bisa diolah sebagai main couse juga. Biasanya menu favorit gue dimusim panas.

Menurut Wikipedia, Edamame ini banyak kandungan vitaminnya:
Edamame and all preparations of soybeans are rich in carbohydratesproteindietary fiberomega-3 fatty acids and micronutrients, particularly folic acid,manganese and vitamin K (table).[3]
Bagaimana sih Edamame diolah menjadi main course dimeja makan?
1.Jadi pertama Edamame harus dibersihkan dari kulitnya. Kalau di pasar pasar disini sudah dijual yang sudah bersih dari kulit juga. Rasanya kalau di Jakarta belom ada ya, jadi musti dikupas sendiri. Ga susah kok. Biar gampang caranya, gunting kedua ujungnya lalu pencet supaya kacang keluar dari lubang kiri kanan yang sudah kita gunting tadi.
2. Kalo masi ada kulit2 ari nya yang masi menempel, ga papa, nanti kita bersihkan apabila semua sudah dikupas.
3. Cara membersihkan Edamame yang sudah dikupas : masukan Edamame yang sudah dikupas kedalam panci yang sudah diisi air. Tinggi air cukup 1 cm diatas Edamame. Lalu rebus sekitar 5 menit. Pada saat rebus, jangan ditutup ya, karna air rebusan nanti akan sedikit berbusa jadi kalau ditutup akan meluap kemana mana.Setelah itu diamkan sebentar maka akan kelihatan kulit kulit ari dari Edamame yang mengapung.
4. Lalu angkat panci dan langsung nyalakan air kran kedalamnya. Biarkan air sampai meluap, hingga kulit2 ari yang mengapung itu keluar dari panci berbarengan dengan air yang meluap. Lakukan terus sambil sesekali Edamamenya kita aduk supaya kulit ari yang dibagian bawah ikut terbuang.Ulangi terus hingga kacang Edamame anda bersih seperti dibawah ini:
5. Edamame sudah bersih dan siap ditumis. Tumis sesuai selera, mau menambahkan daging, cabe atau apa aja
6. Edamame yang sudah bersih ini bisa di frozen loh. Ini trik gue kalo mau nyetok Edamame. Jadi meskipun diluaran sudah ga musim, gue masi ada stok Edamame dikulkas.

Beberapa contoh olahan Edamame ala gue:
Dari atas ke bawah:
1. Tumis Edamame dengan daging.
2. Tumis Edamame dengan sayur asin. Favorit suami kalau lagi makan bubur.
3. Tumis Edamame dengan 3 macam daging : daging babi, daging asin dan smoked pork.

Selamat mencoba .....

4 comments:

konnyaku said...

my favorite too. dijadiin puree terus buat sup juga enak. Yang masak pak sayur asin dan pai kut itu enak sekali :9 kalau di Jakarta, biasa di Total Buah sudah ada yg dikupas dan dibersihkan :D

Jenny Jule said...

@konnyaku .. oh ada di total buah ,,, asik deh, nanti kl gw pulang bisa masakin nyokap :D. Thx buat infonya. Yang dijadiin puree pasti cantik banget deh, lgsg kebayang ijoo nya :D. Next time mau nyobain deh.

Y.u.A said...

jen, gua suka ini jg...yummooo...hihi bisa dimasak campurin ke saucenya korean fried chicken jg :D

Jenny Jule said...

@Yua mau mau diajarinnn ... nanti via imel yaa

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...