Wednesday, August 10, 2011

Baihe & Mu-Er Dessert


Bahan:
Baihe
White fungus
Rock sugar
Semua bahan sesuai selera.

Baihe bentuknya seperti yang dibawah ini :

Lalu direndam dan dibuka kelopaknya satu per satu. Kemudian dicuci hingga bersih. banyak pasirnya jd sebaiknay dibilas berulang ulang. 

Untuk white fungusnya, direndam dulu sampai lembek diair biasa. Kemudian dicuci sampai bersih.
Tips memilih white fungus adalah jangan memilih yang berwarna putih bersih karna yang berwarna putih ini rasanya sedikit asem daripada yang kekuningan.




















Cara:
1. Masak white fungus didalam air. Apabila suka yang lembek banget, digodoknya rada lama, apabila suka yang masih kres, masak sekitar 20 menit cukup.
2. Masukan baihe. Baihe ini tidak boleh dimasak terlalu lama karna gampang sekali hancur.
3 & 4 Masukan gula batunya, lalu masak terus hingga gula batu lumer. Matikan api.
5. Jadi deh. Gampang kan.

Apa kelebih dessert yang satu ini:
Baihe ini meskipun rasanya sedikit pahit, tapi sangat bagus untuk meredakan panas dalam. Dan white fungus ini kandungan proteinnya konon katanya hampir sebanding dengan sarang burung walet. Menurut orang China  , white fungus juga sumber kolagen.

Kalo gue sekali masak dessert ini bisa satu panci gede, setelah dingin, gue masukin ke kantong plastik yang isinya kira kira porsi sekali makan. Lalu gue freezer aja deh. Kalo gue kepengen makan, gue pindahin satu kantong ke chiller. Oyah dessert ini bisa dimakan dalam keadaan anget atau dingin. Sesuai selera aja :D.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...