Tuesday, January 18, 2011

Chestnut

Kalo di Shanghai biasanya Chestnut bakal keluar pada saat udara mulai dingin sblm Tahun Baru Cina. Gw sendiri suka banget makan chestnut, cm kalo di Jakarta rada susah nemunya. Meskipun sekarang ada versi instantnya tp tetep aja rasanya kurang mantep.

Kalo gw ke Singapore kadang suka nemu chestnut di China Town yang lagi di cah. Rasanya adanya jg ga setiap saat, mgkn ngikutin musim di china juga ya.

Gw ada beberapa tips cara memilih chestnut :
1. Jangan beli ukuran yang gede2. Kadang orang mikir wah yg gede pasti isinya gede dan lebih ga capek ngebukainnya. Eits jgn salah dulu, malah yg gede itu biasanya kurang manis dan pas dikunyah rada pasir gitu rasanya.
2. Pilih yang kecil2. Ini paling manis dan kl di kunyah lembut. Tapi biasanya yang kecil2 ini memang harganya lumayan mahal loh.

3. Kalo misalnya di stan nya ada beberapa macem yang kecil2 dengan harga beda2. Daripada bingung milih, saran gw pilih deh yg harganya paling mahal. Harga ga pernah boong kok :D
4. Beli yang bentuknya masih utuh. Karna di pasaran sekarang banyak yang tengahnya sudah di belek. Jd bagian dagingnya keliatan. Ini bukannya biar kita yang makan lebih mudah untuk membuka chestnutnya tp ini akal si penjual. Jadi pada saat nge-cah chestnut, mereka akan menambahkan pemanis dan lebih gampang diserap oleh chestnut yg sudah dibelek tadi. Tentu saja chestnut yg dihasilkan jadi lebih enak.

5. Jangan juga membeli chestnut yang mengkilap abiss. Memang biasanya chestnut yg di cah itu akan keliatan mengkilap. Tp coba perhatiin ada yang kilapnya beda, seperti ada lapisan minyaknya. JAdi pas kena lampu jadi cakep. Nah ini ga bagus juga, krn mereka menggunakan "paraffin oil" yang berbahaya bagi kesehatan kita.

Cara membuka chestnut :

2 comments:

shelley said...

aduh juleee..ini nih makanan kaporit kalo pas ke china..bawaannya pengen borong aja..apalagi yang di'goreng' di pasir..enyak bener..lebi enak ketimbang yang bungkusan..

makeuptoolshop said...

Iyah shell ... kl yg dibungkusan itu rasanya udah reformasi kt gw hahaha

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...