Friday, February 10, 2012

Wuzhen


Wuzhen menurut Wiki :
Wuzhen (simplified Chinese乌镇traditional Chinese烏鎮pinyinWūzhèn) is a historic scenic town, part of Tongxiang, located in northern Zhejiang Province, People's Republic of China. It lies within the triangle formed by HangzhouSuzhou and Shanghai. Covering an area of 71.19 square kilometres (27.49 sq mi), Wuzhen has a total population is 60,000 of which 12,000 are permanent residents.[2]
Lengkapnya bisa dibaca disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Wuzhen

Kalo menurut gue sendiri, Wuzhen itu adalah satu kota tua yang banyak canal sehingga para penduduknya memanfaatkan sampan / gondola sebagai alat transportasinya. Kalo masih inget postingan gue yang disini tentang Zhu Jia Jiao , nah mirip mirip deh si Wuzhen sama Zhu jia jiao. Tapi memang paling beken memang Wuzhen. Setelah gue ke Wuzhen gue juga setuju memang cakepan Wuzhen kemana mana. Guedeenya ga kira kira dan sangat terawat. Yah masuk aja pakai tiket 120 RMB.


Jalan sepetak di Wuzhen yang kiri kanannya kebanyakan toko toko, restoran / cafe dengan live music pada malam hari, tempat jajan dan ada spa juga loh. Waktu itu hampir nyobain spa nya tapi ternyata pas kita samperin ya sudah penuh katanya.  


Macam macam toko dan tempan jajan di Wuzhen :




 Ini tempat kita makan malam. Ternyata harganya ga terlalu mahal buat ukuran tempat wisata dan rasanya pun enak. Tapi kalo bisa datangnya sebelom jam 6 sore kalo enggak kudu antri dan mereka tidak terima booking.
Ketemu kebun Krisan disana. Seneng banget karna gue pertama kali ngeliat bunga Krisan segitu banyaknya. Didepan kebun krisan ini ada toko yang menjual bunga Krisan yang sudah kering yang bisa diseduh. Sayangnya gw ga sempet masuk karna udah ditungguin temen temen yang lain diresto buat makan siang. 
 Sebelum ketemu kebun Krisan, gue diajakin suami yang dulu sudah pernah kesini, ke museum sepatu. Katanya dia pasti gue tertarik. Dan bener, gue takjub pas didalam. Ingetkan kaki orang Cina jaman dulu yang kecil banget itu [ xiao jiao ]. Nah ini museum sepatu isinya tentang cara pembuatan kaki kecil tersebut hingga berbagai macam koleksi sepatu pada jaman tersebut. Sepatunya ada ratusan macam didalam, sayangnya gue ga bisa motret secara dikintilin sama petugas didalam terus. Gue cuma sempet motret foto yang dibawah soalnya letaknya didepan pintu keluar :D.

Ke Wuzhen ga afdol dong ga naik gondolanya :D. Akhirnya pas kita mau pulang kita naik gondola dari restoran kita makan siang, mampir ke Minsu ngambil tas trus ke pintu keluar. Seru banget dan setiap stasiun cuma di charge 5 RMB. Jadi rute kita itu kena 5 stasiun. Harga pas dan tidak ada urusan tawar menawar kata si abang gondola. 
Wuzhen itu juga terkenal dengan pemandangan malam harinya. Kalo sudah menjelang sore hingga malam, kita bisa lihat banyak sekali orang yang ngangkut ngangkut tripod beserta kamera DSLRnya keliling Wuzhen. Sebentar bentar parkir buat motret. Dan gue hanya punya 1 foto malam yang menurut gue lumayan, tidak terlalu blur karna gue ga bawa tripod. Ini aja nebeng sama dinding di jembatan :P
Gue suka banget sama tempat ini dan pastinya gue bakal balik lagi :D. Kalo lo bingung mau main ke watertown yang mana secara ada beberapa pilihan di sekitaran Shanghai sini, udah pilih Wuzhen aja. 

Yang butuh info lebih lanjut bisa dilihat disini :
http://www.wuzhen.com.cn/wuzhen.eng/about.html

1 comments:

ruthwijaya said...

foto malemnya cakep banget deh Jen... kayak boongan gitu... sungainya tenang banget

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...