Pages

Monday, April 18, 2011

Perayaan Cengbeng

Cengbeng tahun ini 2011 itu pada tanggal 5 April kemaren. Kebetulan gue di Shanghai. Dan biasanya kita ngumpul2 sama keluarga dari pihak suami yang memang orang lokal sini. Pemerintah China pun memberikan libur untuk perayaan Cengbeng, biasanya 3 hari.

Ngumpul ngumpul biasa dilakukan dirumah nenek dan kakek dr suami gue sehari sebelum hari Cengbeng. Gue ga tau kenapa mereka biasa sembayangnya sehari sebelumnya, jadi bukan hari H.
Dari pagi semua sudah ngumpul buat mempersiapkan semua makanan yang akan disembayangkan. Yang sudah jadi menu pasti itu adalah Wontoon ala Shanghai dan Ronde ala Shanghai juga.  Menu ini merupakan menu wajib dalam setiap acara kumpul keluarga keluarga “Cai” , marga keluarga suami.

Biasanya kedua menu ini merupakan dijadikan sarapan, pertama kita makan wonton  dulu baru setelah itu dilanjutkan dengan makan ronde. Cuma biasanya gue sudah keburu kenyang makan wonton, jd rondenya Cuma gue icip satu dua. Rondenya gede bo, ada isi kacang merah /tousa /red bean, isi red dates dan isi daging. Belon pernah kan makan ronde isi danging haha. Kalo gue ga doyan karna gue ngerasa aneh aja abis dari kecil sampe sekarang lidah gue taunya ronde itu manis bukan asin.

Setelah kenyang kita mempersiapkan semua makanan buat disembayang. Biasanya yang disembayangkan sebagian memang menu kita nanti malam. Dari daging, ikan, sayur, segalanya ada deh.  Setelah sembayang kita ngaso ngaso sampe jam 4 sore. Ada yang ke makam buat sembayang ada yang dirumah aja  nyiapin makan malam. Kita makan biasa lebih awal kalo pas acara ngumpul2 begini. Kira kira jam 5 sore udah mulai makan malam lagi.

Setelah selesai biasanya ada acara bungkus juga. Karna makanan yang disiapkan memang banyak banget dan pastinya ga bakal habis. 

Ini dia makanan kita pada hari itu tp baru sebagian loh yang ke foto:


Ini menu wajibnya:
Yang bulet isi daging, yang runcing ujungnya isi red dates, yang lonjong isi kacang merah :D




Begini cara mereka sembayang:


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...