Tuesday, April 19, 2011

Kebun Peach


Minggu kemaren gue diajakin sama si tante ke kebun peach lagi. Beberapa tahun yang lalu gue diajakin kesana buat acara peach harvest. Kali ini katanya peach blossom. Ya udah gue langsung okein dong.  Belon pernah abisnya.

Setelah si tante mendapatkan tiket gratis seharga 25 RMB per orang. Akhirnya kita brangkat deh.  Bertigaan sama father in law [FIL] yang kebetulan lagi di Shanghai juga. Lokasi kebun nya ga jauh dari tempat tinggal kita kira kira 30 menit.

Pas nyampe ternyata sekarang tempatnya udah direnovasi jadi lebih cakep. Ada juga pameran kupu kupu disana dan acara wushu. Tapi ini tidak menarik perhatian kita karna cuaca panas banget. Matahari pada hari itu lumayan menyegat meskipun baru masuk musim semi.

Kita bertiga jalan terus kearah kebun. Sambil melewati bunga bunga warna kuning yang bernama “You Cai Hua”. Trus sampe kebelakang ga sampe 10 menit sih, keliahatan batang bantang pohon yang di penuhin dengan bunga bunga berwarna pink putih. Itu dia pohon peachnya. Penuh dengan bunga meskipun belum ditumbuhi daun.

Jalan menuju kedalam kebun.

Pohon Peach yang masih kecil di selang seling dengan "you cai hua"

Ini dia pohon pohon peach yang lagi berbunga. 

Pada satu bagian dari kebun  ini ada banyak orang orang tua. Setelah ditanya ternyata mereka sedang melakukan penyerbukan. Loh bukannya penyerbukan biasanya dilakukan oleh kupu kupu ato lebah? Ternyata kata mereka jaman sekarang kupu kupu dan lebah sudah susah ditemuin, jd dari sebelum bunganya keburu rontok, manusialah yang membantu penyerbukannya.


Serbuk bunganya dibeli oleh sang pemilik kebun. Warnanya kuning kecoklatan. Dan orang orang tua tersebut sangat antusias memberitahu kita bagaimana cara membubuhkan serbuknya pake batang pensil. Cocol bagian pensil ke serbuk bunga lalu cocol kebagian putik bunga. Sangat mudah tapi kalo untuk menyerbuki seluruh bunga yang ada di satu kebun pasti bikin siwer juga :P.



Kalo sudah menjadi buah nanti, biasanya kerja mereka membungkus buah buah peach tersebut dengan kantong. Katanya sih supaya peach yang mulai mateng tersebut tidak dimakanin sama kelelawar.
Peach di kebun ini adalah peach grade bagus loh. Beberapa tahun lalu harganya itu dihitung per biji. SAtunya sekitar 25 RMB kira kira Rp. 34.000. Sangat mahal memang kalo untuk ukuran di Shanghai sendiri. Tapi rasanya mantepppp. Banyak banget airnya dan yang pasti manis. Gue suka tipe peach yang berair begini dari pada yang renyah. 


Untuk  Peach Blossom biasanya pada bulan April. Kalo untuk panen biasanya bulam Juli akhr ato Agustus awal.  Tapi sebaiknya telp dulu sebelum berkunjung.
Buat yang lagi bulan2 tersebut di Shanghai boleh mampir kesana.
Alamatnya: 浦东新区 合庆镇 哨支路 98
Bisa naik bus nomer 989. Telp : 13901632657 / 18964929081

Ini pada saat panen:
 Dibawah ini adalah foto para pekerja yang mensortir peach yang rusah ato bonyok. Sama peach yang bagus dengan ukuran kurang lebih sama kedalam kotak2 ijo. Selama gue disana ga berhenti pengunjung datang untuk membeli. Laris manis euy.
 


14 comments:

ruthwijaya said...

aaaaaa....posting beginian nih yg bikin gw pengen ke Chinaaa.... trus ke kebun peach, asal jgn lupa aja udah makan berapa banyak buah peach, tau2 kaget aja terima tagihan...hahahaha

ruthwijaya said...

DAN ITU NYERBUKINNYA MANUAL SATU KEBUN?? *sori, capslock rusak saking kagumnya* :))

Ephong said...

Kebunnya cantek bgt jeenn,, tadinya kukira itu sakura loh.. Mirip ya? :p
*mupeng

Jenny Jule said...

@tjep haha ..ayukk marii,,, oh tjep kmrn pas disana gw disuruh makan sepuasnya aja sm Pak Kades, ga bayar ktnya. Kl bawa pulang baru bayar haha, lgsg dong ga mau rugi, 2 biji sebagong2 gitu masuk perut gw :P.

Tjep iya penyerbukannya kudu semua bunga setiap pohonnya, kl ga ketauan nanti banyak yg ga jadi buah. Pas dikasi tau gw lgsg pusyinggg :D

@ephong .. iya mirip ya ,, kl sakura lebih halus2 bunganya. Disini juga banyak sakuranya loh.

Jolly said...

anjriiitttttttt
bagus bgt jen
ntar june masih ada gak ??
**mupeng**

pwincess bebe said...

kirain awalnya itu pohon sakura. cantik yah bunga nya. buah nya bikin ngilerrr. hebat jule bisa abisin 2 biji gede begituh :D

Jenny Jule said...

@jol ... udah rontok jol kl juni, enakan agust sekalian panen nya haha.

@bebe ... perutku kan kayak kantong doraemon, bisa muat banyak :P

J said...

iiiihyy cakep jenn..g pikir lu salah kebun..macam kebun sakura hahahhaaa
g suka foto yang paling atas :))

trus lu bantuin penyerbukannya ga?
lucu jg yah..ada2 aja wong cina hahaha

Jenny Jule said...

@J ga bantuin krn abis dia ngajarin dia bilang "xia ban le" haha, trus bubar semua, pai makan. Cm niang2 minta serbuknya buat pohon peach depan rumah, krn thn lalu dia dikasi 1 batang trus di tanam didepan rumah eh numbuh dan berbunga. MAu diserbukin sendiri haha.

urukyu said...

kebun nya bagus banget >.< kapan ya bisa kesana huhu...punya nyokap asli dari cina, blon pernah sekalipun gw pulang kampung haha

Jenny Jule said...

Wah Cin main2 dong sekali2, kabar kabari aja nanti gw ajak jalan2 :D

urukyu said...

jen, doakan saya biar bisa kesana. pengen bangettt...enak ada loe, tour guide sekaligus penterjemah yaaa haha..kalo ga bakal pake bahasa tarzan dah gw.

Linda Firman said...

Wooooowww, cakep gilak itu puun peach yang lagi ngembang!! Ampe melotot gw....

Jenny Jule said...

yukk mari main yuk Lin kesini :D

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...