Thursday, September 1, 2011

Cara membersihkan brush dengan multi cleanser


Siapkan :
Multi cleanser dari MUTShop tentunya :D
1 gayung / ember kecil
2 wadah kecil, bisa juga menggunakan gelas.
Piring kecil
Handuk kecil

Cara untuk membersihkan brush dengan noda biasa. Noda biasa ini adalah brush yang digunakan untuk aplikasi blush / eye shadow dengan warna yang tidak terlalu pigmented.
1. Larutkan 500ml air atau setengah gayung air dengan satu pump penuh multi cleanser. Pump penuh maksudnya tekan pump sampai habis.
2. Masukan air larutan no. 1 di dua wadah kecil. Lalu masukan ujung brush anda kedalam air larutan tersebut. Putar2 hingga kotoran daripada brush larut didalam air cleanser.
3. Bisa diulang kembali hingga brush bersih. Untuk mengetahui bersihnya brush adalah dengan melihat air larutan sudah tidak keruh lagi.
4. Lalu bilas hingga bersih.


Cara kedua adalah untuk membersihkan noda brush yang bandel. Biasanya foundation, concealer, blush on yang warnanya tebal banget seperti merk NARS dan eye shadow yang berwarna gelap. Bisa juga digunakan untuk membersihkan brush dengan bulu berwarna putih.
1. Larutkan setengah pump daripada multi cleanser diatas piring dengan sedikit air.
2. Usapkan brush anda didalam piring tersebut hingga kotoran larut dalam air.
3. Lalu lakukan cara pertama untuk selanjutnya.

Tips :
1. Pastikan kuas anda sudah bersih dari sisa sisa make up sebelum di bilas
2. Pastikan kuas anda sudah bersih dari multi cleanser sebelum dikeringkan.
3. Apabila terjadi kesalahan di no 1 dan 2 , maka brush anda pada saat dikeringkan akan timbul gejala kok susah kering ya, kok setelah kering kayak rambut orang lepek ya.
4. Biarkan kuas anda kering didalam suhu ruangan. BUKAN DIJEMUR SINAR MATAHARI.
5. Pasang brush guard anda setelah kuas anda sudah kering atau pada saat masi sedikit lembab tetapi sudah hampir kering. Bukan pada saat kuas masih basah. Kalau dipasang pada saat kuas masih basah yah ga kering kering deh kuasmu.
6. Supaya kuas lebih cepat kering biasanya gue tatakin handuk dibawah kepala kuas seperti yang kelihatan divideo. Handuk dapat membantu penyerapan air yang berlebih.
7. Biasanya kuas gw jemur dalam keadaan tidur, kepala ditatakin dengan handuk. Tidak perlu susah kok seperti harus digantung dengan kepala brush menghadap kebawah atau lainnya. So far cara ini gw lakukan dari sejak pertama kenal brush dan brush gue aman aman saja. Awet dan cepet kering.
8. Tidak dianjurkan membiarkan brush anda kering dengan cara diberdirikan dengan kepala brush menghadap keatas. Karna cara ini akan membuat brush anda cepet rusak dan cepet rontok. Sisa sisa air akan masuk kedalam pangkal kuas anda dimana disana ada tempatnya lem.
9. Supaya brush anda rapi kembali jangan lupa dipasang brush guard tetapi dipasang setelah brush kering atau keadaan bulu masih lembab tp sudah hampir kering. Memang tidak semua brush setelah dicuci model balik rapi seperti baru beli. Sama halnya dengan rambut manusia kan, abis dari salon bagus modelnya tapi setelah keramas sendiri lgsg ngaco :P *pengalaman pribadi* Jadi tidak perlu protes atau marah setelah ngeliat brush lo kering kok udah ga cakep lagi kayak baru beli.
10. Apabila brush anda bulunya berubah [ aut autan] mungkin karna salah penyimpanan, atau kegencet sesama brush pada saat pengiriman, eits jangan bingung dulu atau protes dulu. Bentuk bulu brush bisa dibalikan dengan cara mencucinya kok.

Note:
Apabila masi bingung dengan perbandingan ukuran air dan cleanser. Coba sendiri aja nyampur2nya. Yang penting kalo untuk noda membandel itu campurannya lebih banyak cleansernya daripada noda biasa. Multi cleanser kita aman kok, bukan bahan kimia yang bisa meledak :D jd aman kl mau dicampur2 sendiri.
Tidak dianjurkan untuk meneteskan langsung multi cleanser ke atas bulu kuas yang bulunya dari bulu asli ya. Kalo bulunya sintetis boleh langsung diteteskan kl memang nodanya susah banget ilangnya. Kadang kadang gue pakai buat cuci kuas masker dengan cara langsung gw pump cleansernya. Apalagi kl maskernya udah keburu kering dikuas :P.

Selamat mencoba ...

4 comments:

Ephong said...

Waww thx jen,, membantu banget nih.. Ga kepikiran buat ngebagi2 larutannya ke wadah2 kecil.. biasanya aku nyuci banyak brush di 1 wadah aja sampe dekiill aernya.. Alhasil harus diulang berkali2 biar bersih.. :p

Kalo nyuci sponge bagusnya gimana jen? egg spongeku kok ga bisa bersih ya,, sisa2 foundienya kadang masih kelihatan di pori2 spongenya.. udah dicoba cuci berbagai cara (cuci model biasa, ditetesin langsung cairan pembersihnya, direndem) tapi ttp kurang nampol.. hehehe.. TIA.. :)

Jenny Jule said...

@Ephong sama sama dear,,, kl dibagi2 jadi lebih hemat jadinya :D. Buat sponge nanti ya gw bikin video khusunya lagi yak biar jelas. Susah bo jelasinnya haha.

urukyu said...

jen, gw ud coba multi cleanser nya buat bersihin brush gw....mantap :D

Jenny Jule said...

@Cindy asoi dahh :D

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...