Wednesday, November 9, 2011

Hairy Crab


Gue kurang tau kalo Hairy Crab ini sudah masuk ke Indo apa belom. Setau gue di Singapore sudah ada sekitar 2 tahun yang lalu. Hairy crab ini lagi gendut gendutnya pada akhir Oktober awal November dimana cuaca sudah mulai dingin, pergantian antara musim panas ke musim gugur. Sebenernya Hairy crab ini hanya berbulu pada bagian capitnya bukan seluruh badannya. Hidupnya pun diair tawar.

Hairy crab sangat terkenal di Shanghai dengan nama 大闸蟹 da zha xie. Yang paling beken sih dari Yang Cheng Hu 阳澄湖 cumannnn harganya muahal ga kira kira. Biasanya banyak disajikan di restoran. Terakhir gue lihat di restoran South Beauty di Shanghai, Hairy crab Yang Cheng Hu dibandrol harga 180an RMB per ekor. Eits perlu loe tau, kalo Hairy crab ini paling gede cuma 200 gr per ekornya loh. Beda banget kan sama kepiting telor dari Sarkep :P.

Apa sih kelebih dari si Hairy Crab?

Ya penuh dengan telor dan apalah itu. Dagingnya tidak banyak. Biasanya dimakan dengan cara mencocolkan ke cuka yang ditambahkan dengan irisan jahe. Kalo gue sendiri suka makannya tanpa cocolan.
Dimasaknya pun gampang, cuma dikukus atau direbus dengan bir. Tapi sebelum dikukus atau direbus, kepiting yang satu ini harus diikat rapih seperti foto yang pertama, kalo tidak setelah matang maka kaki kakinya pada putus. Mungkin karna dimasukin kedalam pancinya hidup hidup ya, jadi pas kepanasan si kepiting berontak jadi pada putus deh. Kejam sangattt.

Biasanya orang orang Shanghai lokal sudah jarang yang membeli Hairy Crab Yang Cheng Hu. Yah karna harganya yang sangat mahal. Jadi mereka kebanyakan beli yang tidak bermerk. Biasanya harganya jauh lebih murah, kalo ga salah sekitar 15 RMB per ekornya. Di restoran juga ada yang menjual Hairy Crab tidak bermerk ini dan biasanya harganya tidak lebih dari 50 RMB per ekornya.

Gue pernah bertanya kepada beberapa orang lokal di Shanghai. Sebenernya apa sih bedanya yang dari Yang Cheng Hu sama yang biasa kita beli di pasar ?
Mereka menjawab sebenernya tidak ada perbedaannya. Bedanya cuma di merk saja kok. O oww... makan kepiting aja pake merk merkan boo.

Oyah buat yang berminat untuk membeli Hairy Crab Yang Cheng Hu, sebaiknya beli di supermarket supermaket terkemuka di Shanghai karna banyak sekali palsunya. Macem tas ye boo.

Dibawah ini adalah foto yang gw ambil di Carrefour Shanghai. Harga Hairy crab Yang Cheng Hu nya dari 78 rmb per ekor hingga 138 rmb per ekor.


Hairy Crab ini hidup ditempat yang dingin, jadi biasanya kalo mau dibawa bawa ke luar kota, kita musti memasukan es batu kedalam box nya. Dan harus dimasak dalam keadaan hidup. Kalo waktu itu gue bawa dari Shanghai ke Singapore, gue matengin dulu baru gue simpen didalam Lock & Lock, dan harus masuk bagasi.

Kalo lagi seasonsnya  di airport Shanghai pun menjual Hairy Crab yang masih hidup. Tapi kalo untuk dibawa ke Indo ataupun Singapore rasanya lebih aman membawa yang sudah mateng.

7 comments:

urukyu said...

glek pagi2 liat kepiting! 1 RMB itu berapa rupiah jen? gw doyan banget kepiting nih..apalagi kepiting saus padang slurppp tapi yang rebus gitu aja gw doyan juga tuh.

salah nih pagi2 liat blog mu haha

Jenny Jule said...

hahha kena deh Cin, biasa gw yg nelen2 ludah pas mampir ke blog lo, yah gw usahkan tidak pada jam jam lapar sih berkunjungnya hahha kl ga bisa garuk garuk karpettt.
1 rmb itu Rp. 1400.
Gw jadi kangen kepiting saus padang, haha, laki gw yg org sini malah lebih doyan kepiting saos padang atau lada item negri kita loh drpd ini.

urukyu said...

haha...oh harga nya mayan juga ya, tapi itu telur nya banyak banget >.< ngiler liat nya. Iyaa kepiting saus padang enak..saus tiram sama lada item juga enak

kapan2 makan kepiting saus padang ah, terus fotoin biar gantian yang ngiler hihi

stella lee said...

aaaaa jadi lperrr
di indo ada yg jual ga ya. diriku demen sama telor kepiting *drools lol

Pinkbuble said...

Jen, itu isinya telor semua yaaaaa wow!!

Jenny Jule said...

Cindy .. hahaha nanti gw ajak suami gw liat bareng biar seru hahaha.

Jenny Jule said...

@stella gue kurang jelas juga nih di Indo ada apa enggak sekrg, soalnya setahun kmrn seblm gue cabut gw belom nemu.

@Elrica yoihh, itulah kelebihan si hairy jd bukan bulunya hahaha. Gw liat di singapore ada yang jual loh cm lupa dimana. Makanya gw tau nama enggresnya hairy crab :P.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...