Pages

Thursday, July 7, 2011

Ganden Monastery Tibet






Akhirnya gue memilih Ganden Monastery untuk posting pertama gue. Tempat favorit gue di Tibet. Kalo mau tahu lebih jelas sejarahnya bisa coba baca dsini : Ganden Monastery . Kalo saran dari gue, kalo ke Ganden musti "high Kora" untuk bisa mendapatkan view seperti foto - foto diatas.

Arti daripada Kora menurut wikipedia:

Kora is both a type of pilgrimage and a type of meditation in the Tibetan Buddhist tradition. Kora is performed by making a walking circumambulation around a temple, stupa, or other sacred site. Some traditional kora important to the Tibetan tradition include circumambulating Namtso Lake and Mount Kailash, both sacred sites in Tibet. Kora is also performed around Swayambhunath and Bodhnath, two important stupas in the Kathmandu ValleyNepal.
Kora many be performed while spinning prayer wheels, chanting mantra, counting mala, or repeatedly prostrating oneself. In this way kora functions as a mind-calming meditative exercise. In accordance with Buddhist tradition and belief, kora is always performed in a clock-wise direction, and is often performed 108 times.

Biasanya Kora itu hanya berjalan mengelilingi sambil berdoa secara Tibetan. Tapi kalo High Kora itu bedanya cuma naik ke atas. Berhubung ketinggian  Ganden itu lebih 4200m jadi yang namanya ngos ngosan gara2 oksigen yang tipis itu sudah biasa. Dakinya sih sekitar 200m tapi itu rasanya beuhhh. Yang paling parah itu kalo lagi naik tangga. Kita naik ga sampe 10 langkah itu rasanya udah mau keabisan oksigen. Disarankan istrahat sebelum lelah. Jadi gue naik paling 5 langkah bisa istrahat narik napas 3 menitan. 5 lagkah aja ngos ngosannya udah kayak disuruh lari 100 meter rasanya.

Tapi kalo di Tibet ngeliat orang terutama turis yang tergopoh - gopoh, ngos ngosan setengah mati itu udah pemandangan biasa. Tadinya gue hampir saja menyerah cuma kita saling kasi motivasi. Dann pas sampai dipuncak, ya ampun itu pemandangannya cakep bener. Untung gue kaga nyerah dah haha.

Terus kita juga beli Prayer Flag untuk dipasang diatas gunung dan beli dupa untuk dibakar. Kebetulan guide kita asli dari Tibet jadi dia yang ngasi tau cara caranya dan yang bakarin dupanya.

 Bagian dalam dari Ganden Monastery. Kita cuma motoin gedungnya aja, soalnya kalo mau motoin bagian dalam gedung itu kita dipungut biaya lagi. Dan isinya patung patung Budha, jadi kita ga berminat untuk foto bagian dalam.

 Ga lupa ngajak orang lokal untuk foto bareng. Susah bener loh ngajak orang lokal foto bareng. Mereka selalu nolak.

4 comments:

Anonymous said...

jen, welcome back !

wahhh foto nya cakep banget :D pemandangan nya bagus bener...ngos2an nya terbayar ya dengan liat pemandangan secakep itu :D

Jenny Jule said...

Cin .. yess i'm back hahaha. Yoi Cin .. asik bener nangkring diatas deh.

Ephong said...

Keren paraah jen yang poto pertama.. perjuangannya naek kesana worth banget yah.. :p

Jen said...

Ephong .. hahaha iya ,, untung naikk :D

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...