Pages

Saturday, February 12, 2011

Singapore Curry



Bahan :
1,5 kg Ayam [ kampung kalo ada ] , diresep gw pake ayam kampung
50 gr Earthen pot curry powder , satu bungkus kecilnya ada 100gr jd pake setengah bungkus kl males ngukur-ngukur.
1 kotak santan instant isi 250ml, sebenernya kalo ada yang fresh lebih bagus. Kalo pakai yang fresh bisa pakai 1 biji kelapa parut.
Kentang dipotong sesuai selera , gue pake 1 pcs cuma guede banget :P, ini sesuai selera aja masukinnya.
1 batang sereh [ kalo ada ] , digeprek



Cara:
1. Masukan minyak kira - kira 3 sendok makan
2. Masukin curry powder dan sereh, tumis sampe wangi tapi hati - hati, apinya jangan gede - gede, karna bubuk curry nya gampang gosong.
3. Setelah wangi masukan ayam kemudian diaduk sebentar
4. Masukin air sedikit. Kira - kira menutupi separoh dari isi wajan. Digodok sampai ayam empuk. Terutama kalo pake ayam kampung, godoknya rada lama euy. Kalo masih belum empuk dan air sudah tinggal dikit, boleh ditambahin air lagi.
5. Setelah ayam sudah mulai empuk, masukin kentangnya. Masak sebentar baru masukin santannya satu kotak. Tapi kalo potongan kentangnya gede - gede bisa dimasukin lebih awal supaya matangnya pas antara kentang dan ayam.
6. Setelah matang masukin garam, bubuk kaldu dan sedikit gula.

Tips:
1. Setelah memasukan santan, pada saat godok, sesekali di aduk. Kalo pada saat pertama yang air doang, ga diaduk juga ga papa.
2. Pada saat menumis sereh dan bubuk curry, aduk terus ya sampe wangi. Kalo ga gosong loh. Ini fungsinya biar curry nya lebih wangi.
3. Air jangan banyak - banyak karna pada saat trakhir kita mau masukin santen. supaya curry yang dihasilkan tidak terlalu encer.
4. Bubuk curry earthen pot bisa ditemukan di supermarket di Singapore dan Malaysia. Ada yang versi chicken, meat dan fish. Kebetulan gue adanya yang meat, jadi biar masaknya chicken curry tetep gw pake bubuk yang meat. Ga masalah kok.

Selamat mencoba ...
Ps: ini resep ampuh banget kalo lagi dingeri orang begini trus kangen pengen makan curry. Udah gitu kalo bumbu bubuk begini tahan lama daripada bumbu yang basah. Jadi bisa nyetok deh :D

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...